FAKULTAS ELIT, FASILITAS SULIT

    Dikenal dengan sebutan fakultas elit diantara fakultas lainnya dalam kampus Universitas Trunojoyo Madura, mahasiswa Fakultas ekonomi dan bisnis rupanya keluhkan fasilitas fakultas yang kurang memadai sehingga membuat kurangnya kenyamanan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Mulai dari fasilitas yang rusak, kurang berfungsi, hingga kurangnya fasilitas penunjang kenyamanan mahasiswa. 

Ruang Kelas
 "Ada banyak kelas yang mempunyai permasalahan salah satu contohnya Ruang kelas 3.3, harus segera di perbaiki karena pintunya yang rusak, keramiknya sudah banyak yang rusak, acnya yg kurang dingin, kursinya banyak yg rusak, dan proyektornya yg ketinggian."   
"Dari banyaknya kelas dan di dalamnya banyak terdapat kursi yang rusak, apakah tidak mempunyai planning untuk memperbaiki atau menggantinya? Kami meminta agar di perbaiki atau di ganti karena itu mengganggu perkuliahan. Dan juga terdapat banyak tembok yg kotor, mohon segera di bersihkan" 
 
Ruang kelas berfungsi sebagai tempat transfer ilmu untuk menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar haruslah memiliki standar kelayakan saat difungsikan. Seperti halnya adanya kursi, papan tulis, proyektor, dan sirkulasi udara yang baik. fasilitas yang kurang memadai akan menghambat proses pembelajaran terlebih jika AC-nya tidak berfungsi dengan baik sehingga membuat ruang kelas panas, tidak nyaman, hingga membuat diri ingin lekas keluar. Tak hanya itu, kursi harusnya menjadi komponen utama dalam kenyamanan belajar saat pembelajaran berlangsung karena kenyamanan kursi memberikan dampak positif dalam menjaga konsentrasi dan fokus mahasiswa supaya output yang diinginkan tercapai, malah masih tersedianya kursi kurang layak digunakan sehingga bukannya mahasiswa fokus dengan apa yang dipelajari tetapi malah fokus menikmati kursi yang bergoyang dan berbunyi "nyitnyit" merdu. selain itu, bagaimana mungkin kelas dikatakan baik jika pintu dan keramik  rusak dibiarkan begitu saja tanpa adanya perbaikan? terkesan tidak rapi dan kumuh bukan? terdapat pula keluhan terkait dinding tembok yang mulai kotor dan pudar sehingga menambah kekumuhan tampang ruang kelas.
    
WIFI
"Wifi mungkin bisa ditambahkan lagi karena masih lemot terkhusus yang lantai atas susah mendapatkan jaringan"
Pendukung kegiatan belajar mengajar selanjutnya yaitu jaringan internet. Fakultas memang memiliki WIFI, akan tetapi koneksi internet yang lambat serta tidak adanya koneksi dibeberapa sudut fakultas membuat mahasiswa kurang puas terhadap fasilitas yang disediakan. bagaimana tidak, jika perkuliahan dilaksanakan di lantai 4 tetapi koneksi tidak menjangkau di lantai tersebut, maka mahasiswa diharuskan menggunakan tethering koneksi dari perangkat hp pribadi. sangat memungkinkan borosnya penggunaan jika dalam kurun waktu hingga akhir kelas. tidak akan menjadi masalah jika pengguna merupakan mahasiswa ekonomi menengah keatas, lalu bagaimana jika yang sedemikian merupakan mahasiswa dengan ekonomi kebawah? sangat miris bukan 

Parkiran Mahasiswa


"Bagaimana tindak lanjut terkait masalah parkiran yang tidak ada atapnya yang dari tahun sebelumnya sudah menjadi permasalahan? berikan alasan atau transparansi yang masuk akal biar kami paham, karena dengan hanya parkiran yang luas dan tidak disertai atap itu menimbulkan sangat banyak keluhan oleh mahasiswa mulai dari cepat rusaknya kendaraan, panasnya jok motor setiap pulang kuliah, cepat rusaknya kendaraan akibat terpapar sinar matahari dan hujan, mogoknya motor dan basahnya helm karena kehujanan dan masih banyak lagi"
Pada tahun sebelumnya, telah dilakukan audiensi dengan dekanat terkait atap parkiran mahasiswa, juga telah dilakukan pengukuran lahan untuk pembangunan atap parkiran tersebut. akan tetapi, hingga saat ini tidak ada tindak lanjut dari pihak berwajib mengelola sarana dan prasarana fakultas. 

Dengan demikian, mahasiswa berharap pihak fakultas dapat bertanggung jawab dalam tugas pokok dan fungsinya untuk menanggulangi keluh kesah mahasiswa disetiap tahunnya. terlebih hak melunasi uang pembangunan dan uang kuliah tunggal (UKT) telah dipenuhi mahasiswa, sudah semestinya mahasiswa menuntuk haknya yakni diantaranya fasilitas yang memadai. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekilas Mengenal Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Universitas

Mengenal UU Cipta Kerja

Sekilas Mengenai Kontroversi UU Cipta Kerja